SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Due Professional Care dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Hasil Audit. Skripsi

cahyo firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Akuntan publik memiliki peranan penting dalam melakukan audit laporan keuangan sebuah perusahaan. Keberadaannya sangat tergantung pada tingkat kepercayaan masyarakat yang menggunakan jasanya. Akuntan publik sebagai pihak ketiga yang mengharuskan melaksanakan audit terhadap laporan keuangan perusahaan dengan bertindak jujur, tegas, adil dan independen, sehingga menghasilkan kualitas hasil audit yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara due professional care dan time budget pressure terhadap kualitas hasil audit atau tidak.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kuantitatif menggunakan metode survei dengan  mengirim kuisioner yang berisi susunan pernyataan yang berhubungan dengan variabel penelitian yang ditujukan kepada auditor yang bekerja di beberapa KAP wilayah Kota Malang. Kemudian data dianalisis dengan teknik regresi linier berganda berguna untuk mengetahui pengaruh antar variabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara due professional care terhadap kualitas hasil audit. Sedangkan time budget pressure tidak berpengaruh terhadap kualitas hasil audit. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Sebanyak 60 persen kuesioner dalam penelitian ini diisi oleh auditor junior dan bekerja kurang dari satu tahun menjadi faktor penyebab tidak terdapat pengaruhnya antara time budget pressure terhadap kualitas hasil audit dalam penelitain ini.