SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Indikasi Manajemen Laba Sebelum dan Sesudah Penggabungan Usaha Studi Pada Perusahaan yang Listing di BEI 2013-2015

Miqdad Faris

Abstrak


ABSTRAK

 

Miqdad Faris. 2017. Indikasi Manajemen Laba Oleh Perusahaan Pengakui sisi Sebelum dan Sesudah Penggabungan Usaha Studi pada Perusahaan Tambang yang Listing di BEIT Tahun 2013-2015. Universitas negri malang. Skripsi. Jurusan akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA.,Ak. (II Dr. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: penggabungan usaha & manajemen laba

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris apakah perusahaan pengakuisisi melakukan manajemen laba sebelum dan sesudah melakukan penggabungan usaha dengan indikasi merosotnya bisnis tambang yang dimulai tahun 2013 hingga 2015. Manajemen laba oleh perusahaan adalah melakukan proxy discretionary accrual (DA).

Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 8 perusahaan yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling. Dari delapan sample dilakukan regresi untuk mencari manajemen laba (DA), kemudian melakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi dengan normal terakhir melakukan uji t test untuk memperbandingkan sebelum penggabungan usaha dan sesudah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikasi manajemen laba sebelum dan sesudah penggabungan usaha. Dengan rata-rata DA sebelum 0,6326dan DA sesudah 0,4. Berdasarkan statistik didapatkan bahwa manajemen laba setelah penggabungan usaha memiliki nilai manajemen laba yang lebih kecil dan sebelum penggabungan usaha lebih besar.