SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Dan Peranan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pengguna Jasa Konsultan Pajak I Gede Arianta)

Krishna Aldiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Aldiansyah, Krishna 2017.Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Dan Peranan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pengguna Jasa Konsultan Pajak I Gede Arianta). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Eka Ananta, S.E.,M.M., Ak, CA.

 

Kata kunci: Kepatuhan Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Peranan Konsultan Pajak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak dan Peranan Konsultan pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (studi kasus Kantor Konsultan Pajak I Gede Arianta).

Populasi untuk penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi maupun badan yang memakai jasa konsultan pajak I Gede Ariantase jumlah 85 Wajib Pajak. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden klien KKP I Gede Arianta. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitas nya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analasis regresi linear bergandadan t test.

Hasil penelitian ini menunjukan pengetahuan peraturan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Peranan konsultan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.