SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis dan Profesi Dan Locus Of Control Internal Terhadap Perilaku Etis (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang

Tito Prakoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Agung, Tito. 2018. Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis dan Profesi Dan Locus Of Control Internal Terhadap Perilaku Etis (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan 2014, 2015, 2016 di Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Sulastri , S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci : Pemahaman Etika Bisnis dan Profesi, Locus of Control Internal, Perilaku Etis

Perilaku Etis merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan pada saat ini. Terbukti dari banyaknya kasus mengenai krisis moral pada generasi saat ini, maka dari itu penting untuk meneliti faktor apakah yang berpengaruh dominan terhadap perilaku etis mahasiswa. Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku etis, pada penelitian ini menggunakan faktor pemahaman etika bisnis dan profesi dan Locus of control internal. Peneitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris adanya pengaruh dari pemahaman etika bisnis dan profesi dan Locus of control internal terhadap perilaku etis sesuai dengan teori Teleologi pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Negeri Malang Angkatan 2014, 2015, dan 2016.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 106 sampel mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskesdatisitas. Dilanjutkan dengan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman terhadap etika bisnis dan profesi dan Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Locus of Control lebih dominan mempengaruhi perilaku etis dari pada pemahaman terhadap etika bisnis dan profesi. Maka dari itu disamping memperbaiki kurikulum dan penekanan terhadap pentingnya memahami etika bisnis dan profesi, Universitas juga harus memperhatikan cara pandang dan memotivasi mahasiswa untuk berusaha dengan maksimal.