SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas X Akuntansi di SMK N 1 Paron

Uswatun Khasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif ini mempunyai tahapan yang mengharuskan siswa untuk diskusi bersama kelompok dan menyelesaikan tugas. Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa. bahwa hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang mencangkup bidang kognitif, afektif dan psikomotirk. Karena hasil belajar dikategorikan ke dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif, psikomotorik. Sedangkan mengaktifkan kegiatan belajar siswa berarti menuntut kreativitas dan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran student team achievement divisions (X) terhadap hasil belajar (y1) dan keaktifan belajar (y2).

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi di SMK N 1 Paron.jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa.Teknik sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu propotional random sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif model pembelajaran student team achievement divisions terhadap hasil belajar. Begitu juga model pembelajaran student team achievemen divisions juga berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa.

Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) bagi sekolah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan atau alternative dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMK N 1 Paron. (2) Bagi Guru dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran disekolah karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.(3) Bagi Siswa diharapkan berperan lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan lebih rajin lagi. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan pada pembelajaran lainnya serta memvariasikan dengan teknik atau model pembelajaran lainnya dan lebih memperhatikan factor-faktor lain selain model pembelajaran yang mendorong hasil belajar dan keaktifan siswa.