SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-modul Akuntansi Berorientasi Project Based Learning (PjBL) Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI SMK

Endah Windarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Windarti, Endah. 2018. Pengembangan E-modul Akuntansi Berorientasi Project Based Learning (PjBL) Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI SMK. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: E-modul akuntansi, project based learning.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan bulan September 2017 di SMKN 1 Ponorogo, peneliti menemukan bahwa sekolah telah menggunakan Kurikulum 2013, namun pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru (teacher sentered learning) dan sebagian besar siswa telah memiliki laptop. Fasilitas sekolah juga cukup mendukung dengan adanya labolatorium kompoter akuntansi dan WIFI yang dapat digunakan oleh siswa. Selama ini komputer atau laptop belum digunakan secara maksimal, karena hanya digunakan untuk sekedar mengetik atau mencari suatu informasi melalui internet yang terkoneksi. Sehingga siswa perlu memanfaatkannya secara lebih maksimal tidak hanya disekolah tapi juga dirumah.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, menguji kelayakan dan keefektifan e-modul akuntansi berorientasi project based learning pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Penelitian ini menggunakan rancangan research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah dimodivikasi menjadi 6 (enam) langkah penelitian dan pengembangan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) penyempurnaan produk, (5) uji coba lapangan terbatas, dan (6) penyempurnaan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan tes (pre dan post test). Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, soal tes (pre dan post test). Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan produk melalui data presentase dan uji efektifitas produk melalui uji normalitas data dan uji paired sample t-test.

Produk yang dihasilkan adalah E-modul Akuntansi Berorientasi Project Based Learning (PjBL) sebagai pendukung pembelajaran saintifik pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMK. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, dan pengguna  siswa diperoleh presentase kelayakan produk masing-masing sebesar 92,24%, 95,95%, dan 94%. Hasil pengolahan nilai pre dan post test diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.