SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Dewan Pengawas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi dan Perbankan yang Masuk Daftar Efek Syariah Tahun 2014–2017)

Lusiana Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Lusiana. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Dewan Pengawas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi dan Perbankan yang Masuk Daftar Efek Syariah Tahun 2014–2017). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd.,M.M.

 

Kata Kunci : profitabilitas, dewan pengawas, ukuran perusahaan, islamic social reporting

Shariah enterprise theory digunakan sebagai teori yang mendasari akuntansi harus bertanggung jawab tidak hanya untuk kepentingan pemilik perusahaan saja tetapi bertanggung jawab kepada masyarakat dan Tuhan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tanggung jawab perusahaan seperti profitabilitas, dewan pengawas dan ukuran perusahaan sehingga, perlu melihat apakah perusahaan telah menyajikan informasi yang sesuai dengan prinsip syariah, dalam hal ini tanggung jawab sosialnya. Sesuai dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, dewan pengawas dan ukuran perusahaan terhadap Islamic Social Reporting (ISR).

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah periode 2014-2017, dimana dari populasi tersebut terpilih 26 perusahaan industri barang konsumsi dan perbankan yang digunakan sebagai sampel berdasarkan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan emiten. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel profitabilitas terhadap ISR, sedangkan hasil pengujian hipotesis untuk dewan pengawas dan ukuran perusahaan menunjukkan hasil yang signifikan atau dengan kata lain kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap ISR. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi akan mengungkapkan tanggung jawab sosial Islam dengan baik. Namun, perusahaan-perusahaan dengan ukuran besar kemungkinan besar akan mengungkapkan tanggung jawab sosial Islam dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka, disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel independen yang dapat mempengaruhi tingkat pengungkapan ISR, peneliti selanjutnya dapat memperluas jumlah sampel pengamatan, sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode content analysis yang lain sehingga, dapat mengurangi tingkat subjektifitas terhadap informasi yang disajikan pada laporan tahunan perusahaan sampel.