SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERILAKU WAJIB PAJAK RUMAH KOS DALAM MEMAHAMI PERATURAN PEMERINTAH KOTA MALANG NO.02 TAHUN 2015

Ria nurmalita

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurmalita, Ria. 2018. Analisis Perilaku Wajib Pajak Rumah Kos dalam Memahami Peraturan Pemerintah Daerah Kota Malang No 02 Tahun 2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., Mcom. (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Perilaku Wajib pajak, Pajak Rumah Kos, Perda Kota MalangNo 02 Tahun 2015, Kepatuhan Wajib Pajak.

Pajak rumah kos termasuk dalam pajak daerah yang digunakan untuk membiayai segala keperluan pembangunan daerah. Usaha rumah kos di Kota Malang mengalami peningkatan pesat, hal ini membuat usaha rumah kos menjadi sektor potensial dalam peningkatan pajak daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku wajib pajak rumah kos terhadap peraturan pemerintah daerah Kota Malang No.02 tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara kepada 9 orang subjek penelitian yaitu wajib pajak rumah kos yang terdata oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, prosedur pengodean (coding) dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui hasil wawancara subjek penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembayaran pajak rumah kos dipengaruhi oleh perilaku wajib pajak (1)Keterbatasan pengetahuan wajib pajak tentang Perda Kota Malang No. 02 Tahun 2015 sangat mempengaruhi wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak rumah kos dan menyebabkan ketidakpatuhan wajib pajak (2)Tarif pajak rumah kos kurang adildan mekanisme pembayaran kurang efektif(3)Tingkat kepercayaan atas pelayanan dan pengarahan pihak pajak sangat mempengaruhi patuh dan ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar pajak rumah kos (4)Dampak perilaku atas sanksi keterlambatan pembayaran pajak rumah kos berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak rumah kos (5)Terwujudnya perilaku wajib pajak dipengaruhi oleh fasilitas dan penilaian terhadap hambatan. Perilaku yang ditimbulkan dari subjek penelitian tersebut menimbulkan suatu keterbatasan. Keterbatasan penelitian ini adalah (1)Wawancara pada subjek penelitian dilakukan di rumah kos, mengalami suatu kesulitan dalam mencari informan yaitu pemilik kos. (2)Keterbatasan pengetahuan yang dimiliki wajib pajak berdampak pada  kurangnya informasi yang dibutuhkan dalam wawancara. Adapun saran yang dapat dipertimbangkan sebagai berikut: (1)Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan tidak hanya melakukan wawancara pada saat narasumber berada di Kantor pajak, melakukan wawancara di rumah dengan pemilik kos asli tanpa perantara (2)Melakukan praobservasi atau validitas narasumber sebelum melakukan wawancara secara mendalam, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan narasumber terhadap informasi yang dibutuhkan.