SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Implementasi Pendidikan Karakter oleh Dosen Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang

Nahdya Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitri, Nahdya. 2018. Analisis Implementasi Pendidikan Karakter oleh Dosen Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, dosen Kh, FZ

Universitas Negeri Malang atau UM adalah salah satu Perguruan Tinggi yang berbasis pendidikan, sehingga memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu berkontribusi dengan baik dan dilandasi dengan nilai-nilai karakter yang baik pula demi memajukan pendidikan di Indonesia. Namun pada kenyataannya, Perguruan Tinggi di Indonesia saat ini masih berorientasi menyiapkan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan. Sehingga mengesampingkan akhlak mulia. Pendidikan karakter sangat penting bagi kalangan mahasiswa agar tidak terjadi lagi kecurangan dalam bentuk mencontek, atau tidak disiplin dalam kelas. Fenomena seperti ini perlu menjadi perhatian dan membutuhkan penanganan agar tidak terjadi penurunan nilai moral dan etika. Dalam hal ini, peran dosen sangat dibutuhkan, karena dengan menempatkan kembali karakter sebagai ruh pendidikan di Indonesia, akan membentuk generasi muda yang tangguh, cerdas, dan berkarakter.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian ini adalah dosen akuntansi Kh dan FZ. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dosen Kh dan FZ serta mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dosen Kh dan FZ menerapkan pendidikan karakter karena perguruan tinggi adalah tahap terakhir, sehingga dosen masih dapat memberikan nilai kepada mahasiswa. Karena setelah itu, mereka dapat bekerja dan hidup dengan potensi dan karakter yang diberi oleh dosen bukan hanya mata kuliah saja.  Terdapat beberapa nilai  dalam pendidikan karakter yang diterapkan oleh dosen Kh dan FZ, diantaranya adalah nilai religius, kejujuran, kedisplinan, kemandirian, menghargai prestasi, dan komunikatif.

Kendala yang dihadapi oleh dosen Kh dan FZ ketika menerapkan pendidikan karakter adalah kesulitan untuk mengevaluasi sikap karena nilai dalam pendidikan tersebut bersifat tersirat. Kendala lain yaitu karena mahasiswa merasa sudah dewasa, sehingga dosen kesulitan untuk memberikan teguran. Solusi untuk menghadapi masalah pendidikan karakter diantaranya adalah dosen harusnya memberikan pendidikan karakter melalui pembelajaran mata kuliah, pendidikan karakter melalui kesadaran masing-masing mahasiswa, dan pendidikan karakter melalui keteladanan dari dosen.