SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Kartu UNO Sebagai Alat Evaluasi Mata Pelajaran Konsep Dasar Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan

Eka Savitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Savitri, Eka. 2018. Pengembangan Kartu UNO Sebagai Alat Evaluasi Mata Pelajaran Konsep Dasar Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

 

Kata Kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Kartu UNO

Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan peserta didik sudah mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan dan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak hanya proses pembelajaran yang harus menyenangkan, melainkan evaluasi pembelajaran harus menyenangkan, agar telah dipelajari oleh peserta didik tidak hilang karena mereka merasa tertekan, sehingga model evaluasi pembelajaran pun harus dikembangkan. Salah satunya menggunakan alat evaluasi yang berbeda, yaitu dengan menggunakan instrumen kartu.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan Research and Development dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pengembangan ini hanya melakukan tiga tahap 3D, hal ini dikarenakan model 4D yaitu disseminate (penyebaran) membutuhkan kajian yang lebih mendalam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket pengujian yang diskalakan dengan menggunakan skala Likert yang dilakukan oleh peneliti, sedangkan data kualitatif berdasarkan kritik dan saran yang diperoleh dari validator sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi.

Berdasarkan analisis data tersebut, ahli evaluasi pembelajaran menyatakan alat evaluasi pembelajaran diperoleh sebesar 87,77% dinyatakan sangat valid dan layak. Ahli materi akuntansi menyatakan alat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan kartu UNO sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase 93%. Ahli media pembelajaran menyatakan alat evaluasi pembelajaran sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas terhadap peserta didik kelas X Akuntansi 1 di SMKN 2 Blitar, hasil analisis data menunjukkan bahwa kartu UNO sebagai alat evaluasi pembelajaran sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 81,11%. Saran pengembangan untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat menguji efektifitas model evaluasi pembelajaran ini dan dapat digunakan disekolah lain.

Savitri, Eka. 2018. Development of UNO Card as Evaluation Tool for Basic Accounting Concepts and Financial Reporting Subject. Sarjana’s Thesis. Department of Accounting, Faculty of Economics. Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

 

Keywords: Learning Evaluation Tool, Evaluation of Learning, UNO card

Learning process cannot be separated from the evaluation. Evaluation of learning aims to determine whether learners’ ability has reached predetermined standard of competence and to measure the understanding of learners after attending learning activity. Thing that should be fun is not only learning process, but also the evaluation of learning, so that has been learned by learners do not disappear because they feel depressed, so that learning evaluation model must be developed. One of them uses different evaluation tool by using card instrument.

The type of research used by researchers is research and development with 4D development model. This development model consists of 4 stages those are definition, design, development, and disseminate. However, this development only performs three stages of 3D, it is because the fourth model in 4D which is disseminate require more in-depth research. In this research, researcher uses quantitative data and qualitative data. Quantitative data is obtained from the questionnaire test that is scaled using a Likert scale conducted by researcher, while the qualitative data is based on criticism and suggestions obtained from the validator as a consideration for the revision.

Based on data analysis, the expert of learning evaluation states that learning evaluation tool is 87.77% valid and feasible. Accounting material expert states that learning evaluation tool by using UNO card is very valid and feasible to be used with percentage 93%. Learning media expert states that learning evaluation tool is very valid and feasible to be used with percentage 95%. Based on the result of limited field trial to students at X Accounting 1 Class SMKN 2 Blitar, the result of data analysis shows that UNO card as a learning evaluation tool is very valid and feasible to be used with percentage 81.11%. Development suggestions for further researchers are expected to test the effectiveness of this learning evaluation model and can be used in other schools.