SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ROA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PENGUNGKAPAN LAPORAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015

Yushi Anasta Haq

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan pertambangan. Maksimalisasi nilai perusahaan dapat dicapai bila perusahaan memperhatikan para pemangku kepentingan (stake holder). Keseimbangan pencapaian tujuan stakeholder perusahaan, dapat menjadikan perusahaan berpeluang mendapatkan keuntungan optimal sehingga kinerja perusahaan akan dinilai baik oleh investor.

Namun selain berorientasi pada laba perusahaan juga harus mempertimbangkan unsur kepedulian sosial melalui tanggung jawab sosial.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan uji hipotesis (hypothesis testing). Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan ang tercantum dalam Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan dengan sampel sebanyak 16 perusahaan yang diambil secara purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi berupa laporan tahunan (Annual Report) dan Sustainability Report. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien jalur antara variabel ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan laporan tanggung jawab sosial. Selanjutnya variabel ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tingi ROA yang akan berdampak pada meningkatnya nilai perusahaan. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa ROA berpengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan laporan tanggung jawab sosial. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak atau tinggi ROA yang digunakan dalam CSR akan memberikan dampak yang kuat pada nilai  perusahaan.