SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PERBANKAN SYARIAH DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KEPANJEN

Evi Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Melalui model pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan guru menjadi terstruktur. Guru yang berperan merancang pembelajaran memilih model pembelajaran yang dapat mempermudah siswa memahami materi. Selama pelaksanaan proses pembelajaran, keaktifan siswa harus diciptakan agar siswa dapat memperoleh pengetahuan baru. Namun terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu guru lebih dominan dengan menggunakan metode ceramah sehingga kurangnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran serta hasil belajar yang diperoleh tidak maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dari tahap perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Perbankan Syariah yang berjumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Sedangkan analisis data meliputi data aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa dari siklus I terdapat beberapa aktivitas yang belum nampak selama proses pembelajaran diantaranya oral activities dan mental activities. Sedangkan pada siklus II, diketahui indikator aktivitas belajar yang dicapaitelah optimal. Hal ini ditunjukkan dengan permasalahan yang dihadapi di siklus I dapat diminimalisir pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 53% dengan ketuntasan secara individu 8 siswa dari 15 siswa. Hasil ketuntasan pada siklus II sebesar 80% dengan ketuntasan individu mencapai 12 siswa dari 15 siswa.

Berdasarkan pada penelitian, disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Perbankan Syariah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran aktif yaitu model pembelajaran Two Stay Two Strayyang dapat membantu siswa memahami materi serta hasil belajar yang maksimal. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya, dapat lebih matang mempersiapkan kebutuhan penelitian termasuk instrumen.