SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016)

Ana Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Ana. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan

Jumlah investor yang semakin meningkat menunjukkan meningkatnya jumlah minat masyarakat untuk berinvestasi. Untuk menentukan keputusan investasi yang tepat kita bisa melihat bagaimana nilai perusahaan tersebut.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini populasi meliputi seluruh perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014 sampai 2016. Sampel yang digunakan, dipilih dengan metode purposive sampling. Dengan kriteria yang ditentukan diperoleh sampel sebesar 71 perusahaan dengan laporan keuangan selama tiga tahun, tahun 2014 sampai 2016. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji regresi berganda serta path analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, serta leverage dan pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Sedangkan secara parsial ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. Pertumbuhan perusahaan dapat menjadi variabel intervening dalam pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, namun pertumbuhan perusahaan tidak dapat menjadi variabel intervening dalam pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan.