SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Skeptisme Personal dan Skeptisme Situasional Auditor Terhadap Kualitas Audit

Ivon Noviani

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh skeptisme personal auditor terhadap kualitas audit dan (2) pengaruh skeptisme situasional auditor terhadap kualitas audit. Tempat penelitian ini di Kantor Akuntan Publik yang berada di wilayah Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-varibel penelitian dengan kuesioner dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa auditor di Kota Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS 21.

Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa  skeptisme personal dan skeptisme situasional  berpengaruh positif terhadap kualitas audit di Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh, nilai t hitung lebih besar dari ttabel yaitu, thitung 2,377 > ttabel 2,05183 dan thitung 3,176 > ttabel 2,05183.