SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Pemilihan Program Keahlian dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Pasuruan

Sirfaratih .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sirfaratih. 2018. Pengaruh Minat Pemilihan Program Keahlian dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA.

 

Kata Kunci: Minat Pemilihan Program Keahlian, Teman Sebaya dan Hasil Belajar.

Penelitian ini didasari oleh minat siswa untuk masuk SMK diberbagai daerah setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan hasil belajar, begitu juga dengan pergaulan antar teman sebaya yang merupakan faktor penting dalam menentukan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Pemilihan Program Keahlian dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini termasuk kedalam penenlitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Maret 2018 dan 26 Maret 2018dengan melakukan penyebaran angket di kelas X Akuntansi 1, X Akuntansi 2 dan X Akuntansi 3 semester genap di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Hasil uji hipotesis untuk variabel minat pemilihan program keahlian memiliki hasil uji t yang menunjukkan bahwa dengan tHitung sebesar 4,627 lebih besar dari  tTabel yakni sebesar 1.6632 dengan nilai probabilitas (Sig. ) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangakn hasil uji hipotesis untuk variabel teman sebaya memiliki sig. 0,497 > 0,05 dengan tHitung – 0,682 > 1.6632. berdasarkan hasil demikian dapat disimpulkan bahwa minat pemilihan program kehalian berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pasuruan, sedangkan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pasuruan.

Saran kepada pihak sekolah adalah pihak sekolah dapat memberikan pembinaan dan pemantauan kepada para siswa untuk mencegah dan meminimalkan terjadinya pemilihan program keahlian yang tidak berdasarkan minat yang dimiliki oleh siswa itu sendiri.