SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ARUS KAS OPERASI, LABA BERSIH, SIZE, TERHADAP EXPECTED RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ-45 TAHUN 2015-2016

Aida Khoyriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoyriyah, Aida. 2018. Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Bersih, Size Terhadap Expected Return Saham Pada Perusahaan LQ-45 Tahun 2015-2016. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd.,M.Sc

 

Kata Kunci: Arus Kas Operasi, Laba Bersih, Size, Expected Return.

Syarat utama investor dalam  melakukan investasi terlebih dahulu harus melihat situasi perusahaan yang akan ditanamkan investasi karena investor pastilah akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit, sehingga tidak semua perusahan dapat ditanami investasi. Ketika melakukan penilaian terhadap sahamnya investor sebaiknya mengetahui informasi yang bersifat teknikal dan fundamental yang berhubungan dengan laporan keuangan yang didapatkan dari internal perusahaan. Dalam menilai informasi akuntansi, investor juga harus mengetahui informasi yang bersifat kuantitatif dan bersifat kualitatif upaya mendapatkan informasi yang lebih tepat sehingga mampu menilai saham dengan lebih akurat dan mendapatkan return yang optimal. Selain itu, investor juga harus mengetahui harga wajar saham agar tidak memberikan hal buruk ataupun isu – isu yang kurang bagus.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 tahun 2015-2016 sebanyak 39 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple purpose sampling dan diperoleh sampel sebanyak 78 data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh di indeks LQ-45 Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE di Universitas Negeri Malang dan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi berpengaruh positif signifikan terhadap expected return, laba bersih berpengaruh negatif signifikan terhadap expected return, dan size tidak signifikan terhadap expected return.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut , saran yang dapat direkomendasikan penulis adalah diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode yang lain untuk menilai size perusahaan tidak hanya dinilai dari total asset dan peneliti selanjutnya diharapkan lebih berhati-hati dalam menentukan metode perhitungan expected return dengan metode historis. Karena dalam metode historis ada 3 cara untuk menentukan nilai expected return yaitu metode rata-rata, metode tren dan metode jalan acak yang mana untuk mendapat metode terbaik, harus dilihat dari pola distribusi datanya.