SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017

Wahyu Irwansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Irwansyah, Wahyu. 2018. Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 . Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci : Event Study, Abnormal Return Saham, Trading Volume Activity

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi abnormalreturn saham selama periode peristiwa, dan untuk mengetahui perbedaan abnormalreturn saham dan trading volume activity, sebelum dan sesudah pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 putaran kedua. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45 dimana perusahaan-perusahaan tersebut tidak melakukan corporate action selama periode peristiwa.

Sampel penelitian adalah  35 dari 45 perusahaan yang tidak melakukan corporate action dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan selama periode peristiwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis one sample t-test dan Wilcoxon Signed Rank test dengan event period 11 hari yaitu 5 hari sebelum (t-5) dan 5 hari sesudah pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 putaran kedua (t+5).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return tidak signifikan selama periode peristiwa dan juga tidak menyebabkan adanya perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa. Namun hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 putaran kedua.