SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Free Cash Flow(FCF) Terhadap Agency Cost dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2016

Agung Purnawarman

Abstrak


ABSTRAK

 

Perusahan tidak hanya memiliki tujuan untuk mencari profit Semata, tetapi juga pada pemaksimalan kemakmuran para pemegang sahamnya dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Didalam perusahaan, terdapat tiga orang yang memiliki kepentingan yang berbeda yaitu, pemilik perusahaan, pemegang saham dan manajer. Pada saat perusahaan menghasilkan free cash flow maka akan terjadi perbedaan kepentingan antara pihak yang melakukan kontrak kerja tersebut dan menimbulkan adanya konflik yang akan membuat perusahaan mengeluarkan biaya, yang disebut dengan agency cost. Akibat dari adanya perbedaan kepentingan ini juga bisa berpengaruh terhadap  kinerja keuangan perusahaan, karena keuangan didalam perusahaan tidak berjalan dengan baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh free cash flow (FCF) terhadap agency costdan kinerja keuangan pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar diBEI Tahun 2015-2016.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Explanatory Research, dengan populasiperusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia sektor keuangan tahun 2015-2016 yang berjumlah 83 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive samplingsebanyak 61 perusahaan yang terdaftar di BEI sektor keuangan Tahun 2015-2016. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujiregresi sederhana.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa free cash flow (FCF) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap agency cost pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI Tahun 2015-2016 sebesar 33,7% dan free cash flow (FCF) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan sebesar 34,0%.