SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi Semester 2

Devi Sholehah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholehah, Devi. 2018. Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi Semester 2. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: E-Module, Mata Pelajaran Spreadsheet

Modul merupakan bentuk bahan ajar yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri sesuai dengan kecepatan pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa. Modul yang didukung dengan perkembangan teknologi akan semakin meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk modul berbasis elektronik atau e-module mata pelajaran spreadsheet kelas X semester 2 yang telah melalui proses uji validasi dan uji efektifitas yang dapat meingkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Tahapan penelitian dan pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji lapangan produk utama, dan revisi produk. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji lapangan produk utama dilakukan oleh 36 siswa.

Hasil validasi dan uji lapangan produk utama menunjukkan bahwa e-module dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dalam e-module terdapat keterbatasan yaitu e-module hanya dapat dioperasikan dengan komputer atau laptop, materi yang termuat hanya menggunakan perusahaan jasa sebagai contoh soal, pengerjaan latihan soal yang terpisah dari e-module, membutuhkan akses internet untuk melihat video, dan latihan soal tidak dapat memberikan umpan balik kepada siswa. Saran lebih lanjut untuk penelitian dan pengembangan ini adalah e-module tidak hanya dapat dioperasikan dengan komputer atau laptop, materi yang dimuat dapat ditambah dengan memberikan contoh soal untuk perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan lainnya, pengerjaan latihan soal tidak terpisah dengan e-module, video dibuat dalam bentuk offline, dan adanya umpan balik dalam latihan soal.