SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur “Food and Beverages” yang Listed di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Vivi Saputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu komitmen perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya sehingga memberikan kontribusi positif terhadap pihak-pihak yang terkena dampak aktivitas bisnisnya. Pengungkapan CSR oleh perusahaan dapat memberikan dampak positif terutama dalam jangka panjang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan dan untuk menjelaskan pengaruh kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan manufaktur “food and beverages” yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Moderated Regresi Analysis (MRA).

Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis Moderated Regresi Analysis (MRA) yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, hasil tersebut menunjukkan bahwa  semakin mengingkatnya Corporate Social Responsibility (CSR) maka kinerja keuangan perusahaan akan mengalami peningkatan. Kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan.