SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017

Nabila Zagita

Abstrak


ABSTRAK

 

Zagita, Nabila. 2018. Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak

 

Kata Kunci : kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, kinerja keuangan

Kinerja lingkungan yang dinilai oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) merupakan upaya perusahaan agar diterima oleh masyarakat. Dengan masyarakat menerima keberadaan perusahaan maka akan menerima produk perusahaan sehingga kinerja keuangan meningkat dan berdampak pada going concern perusahaan. Selain itu masyarakat juga melihat pengungkapan lingkungan yang diungkapkan oleh perusahaan untuk menilai apakah perusahaan tersebut sudah turut serta melakukan pelestarian lingkungan atau tidak. Kedua hal tersebut jika dilakukan dengan baik akan meningkatkan kinerja keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan. Kinerja lingkungan diproksikan menggunakan PROPER sedangkan pengungkapan lingkungan menggunakan Global Reporting Initiative (GRI) dan kinerja keuangan menggunakan Return on Asset (ROA)

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatif. Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ 45 di BEI tahun 2015 – 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi pada data laporan keuangan dan annual report yang terdapat di website BEI. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, Kinerja Lingkungan berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan yang artinya tidak ditolak. Kedua, Pengungkapan Lingkungan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan yang artinya ditolak.