SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016

rezita sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Rezita. 2018. Pengaruh Kinerja Keuangan  terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Eka Ananta, S.E.,M.M., Ak, CA

 

Kata Kunci : Kinerja keuangan, Nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility, Good Coporate Governance.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kinerja keuangan (ROA), nilai perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility, dan good corporate governance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2016. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan  (X1) terhadap nilai perusahaan (Y) dan juga untuk mengetahui apakah corporate social responsibility dan mekanisme good corporate governance mampu memperkuat hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausalitas (sebab-akibat). Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2016 dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan., teknik analisis data yang digunakan adalah moderated regression analysis (MRA).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) ROA berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2) CSR tidak mampu memperkuat hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. 3) Komisaris independen tidak mampu memperkuat hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. 4) Kepemilikan institusional tidak mampu memperkuat hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. 5) Kepemilikan manajerial tidak mampu memperkuat hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan. 6) Komite audit mampu memperkuat hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahan.