SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Laba Komponen Akrual dan Laba Komponen Arus Kas terhadap Abnormal Return Pada Perusahaan yang Listing di New York Stock Exchange pada tahun 2015-2017

Gifari Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Gifari. 2018. Pengaruh Laba Komponen Akrual dan Laba Komponen Arus Kas terhadap Abnormal Return Pada Perusahaan yang Listing di New York Stock Exchange pada tahun 2015-2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci : laba, akrual, arus kas, abnormal return, pasar efisien.

Investasi dalam bentuk saham bukan merupakan hal baru saat ini. Dalam berinvestasi seorang investor harus bisa membaca makna dan menganalisis segala bentuk informasi yang tersedia di pasar agar memperoleh return yang optimal. Informasi laba perusahaan merupakan salah satu bentuk informasi yang sering digunakan investor sebagai alat untuk memprediksi harga saham masa depan suatu perusahaan. Jika prediksi investor tepat maka return saham yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh informasi perolehan laba perusahaan dari dua komponen yaitu (1) komponen akrual dan (2) komponen arus kas terhadap abnormal return. Abnormal return merupakan selisih return sesungguhnya dengan return ekspektasian.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing pada New York Stock Exchange pada periode tahun 2015-2017 tercatat sebanyak 2790 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi pada data harga saham, annual report dan NYSE composite index yang di peroleh melalui website resmi NYSE. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, laba perusahaan dari komponen akrual tidak berpengaruh terhadap abnormal return dengan sig 0.427>0.05 yang artinya H1 ditolak, hal ini berarti tinggi rendahnya perolehan laba perusahaan yang listing di NYSE tidak mempengaruhi nilai abnormal return (positif atau negatif). Kedua, laba perusahaan dari komponen arus kas tidak berpengaruh terhadap abnormal return dengan sig 0.889>0.05 yang artinya H2 ditolak, ini berarti perolehan laba yang diukur secara kas pada perusahaan yang listing di NYSE tidak mempengaruhi nilai abnormal return.