SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nilai Perusahaan

Vita Yulianingrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Di Indonesia harga saham perusahaan yang terdaftar di BEI dapat dilihat melalui Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG mencerminkan rata-rata representatif harga saham dari seluruh perusahaan. Jika IHSG mengalami penurunan maka beberapa harga saham perusahaan yang terdaftar di BEI juga mengalami penurunan. Naik turunnya harga saham perusahaan tidak terlepas dari peran manajemen selaku pelaksana kegiatan perusahaan. Oleh karena itu manajemen harus bersifat objektif dalam pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Perubahan nilai perusahaan disebabkan oleh beberapa faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, likuiditas, profitabilitas, leverage utang, dan modal intelektual yang dianggap memengaruhi nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pergerakan naik turunnya nilai perusahaan. Pengolahan data menggunakan factor analysis yang mencoba menemukan hubungan sejumlah variabel yang pada awalnya independen satu sama lain menjadi satu atau beberapa variabel yang lebih sedikit dari variabel awal. Objek penelitian yaitu perusahaan yang termasuk dalam LQ-45 periode 2013 sampai dengan 2016. Perusahaan yang terdaftar di LQ45 mempunyai tingkat likuditas yang tinggi dan kapitalisasi pasar yang tinggi serta perusahaan LQ45 dijadikan sebagai patokan atas naik turunnya harga saham di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian terdiri dari 58 perusahaan dimana perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian sebanyak 15 perusahaan. Hasil uji analisis faktor menghasilkan dua faktor dan mereduksi satu variabel yaitu variabel kepemilikan institusional. Faktor satu terdiri dari kepemilikan manajerial, profitabilitas, dan modal intelektual dengan nama Faktor profitabilitas. Faktor dua terdiri dari likuiditas dan leverage utang dengan nama Faktor Kebijakan Utang. Secara simultan, Faktor Profitabilitas dan Faktor Kebijakan Utang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, Faktor Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan Faktor Kebijakan Utang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hanya Faktor Kebijakan Utang yang mempengaruhi nilai perusahaan. Saran penelitian bagi manajemen perusahaan agar mempertimbangkan jumlah sumber pendanaan dari utang yang memberikan konstribusi tinggi dalam penciptaan nilai perusahaan.