SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar

PALUPI NOVIANA

Abstrak


ABSTRAK
Noviana, Palupi. 2010. Implementasi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar. Tugas Akhir, Program Studi DIII Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.
Pembimbing : Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak
Kata kunci : Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia, kliring kredit, kliring debet
Menuju dunia perdagangan bebas, aktivitas yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi akan semakin luas dan terus meningkat. Hal tersebut yang menyebabkan lalu lintas pembayaran menjadi semakin sibuk. Bank memiliki peranan penting dalam mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran yaitu dengan cara menyelenggarakan mekanisme kliring, namun dalam penyelenggaraannya belum ada suatu mekanisme yang dapat mengantisipasi kemungkinan kegagalan peserta memenuhi kewajibannya pada penyelesaian akhir hasil kliring. Oleh sebab itu, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman, dan handal maka Bank Indonesia menerapkan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia.
Implementasi SKNBI yang dibahas dalam tugas akhir ini didasarkan pada data yang telah diperoleh dari PT. Bank Jatim Cabang Blitar. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif karena analisis ini untuk memperoleh kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data berupa dokumen- dokumen dan arsip- arsip yang diperoleh dari instansi sesuai dengan permasalahan yang diteliti, sedangkan teknik wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab langsung secara tatap muka antara peneliti dengan karyawan pendukung bagian kliring.
Kliring adalah proses penyelesaian hutang piutang antarbank maupun nasabahnya yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia dalam suatu wilayah kliring dengan cara menukarkan warkat bank yang satu dengan bank yang lainnya melalui suatu lembaga kliring yang pelaksanaan dan hasil perhitungannya diselesaikan pada jadwal yang telah ditetapkan. Sedangkan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia adalah sistem kliring Bank Indonesia yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian akhirnya dilaksanakan secara nasional. Kliring debet adalah kliring yang digunakan untuk transaksi debet (tagihan) disertai dengan penyampaian fisik warkat. Kliring kredit adalah kliring yang digunakan untuk transfer dana antarbank tanpa disertai penyampaian fisik warkat.
Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa implementasi Sistem Kliring Nasional di PT. Bank Jatim Cabang Blitar mulai ditetapkan pada tahun 2007 berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.7/ 18/ 2005 tanggal 22 Juli 2005 tentang SKNBI. Untuk mendukung SKNBI, Kantor Pusat PT. Bank Jatim Surabaya melakukan penyediaan dana awal (prefund) sebelum mengikuti kliring.
SKNBI yang diselenggarakan oleh PT. Bank Jatim Cabang Blitar terdiri dari kliring kredit dan kliring debet. Untuk transaksi kliring kredit sudah diproses
i
 
 
ii
 
secara paperless (tanpa disertai pertukaran warkat) dan online, sehingga kantor cabang tidak lagi memroses warkat kredit, namun diproses oleh Kantor Pusat Bank Jatim Surabaya. Sedangkan untuk transaksi klirng debet masih diproses secara paperbased (disertai pertukatan warkat) dan offline. Kliring debet ini terdiri dari kliring debet penyerahan dan kliring debet pengembalian.
Pelaksanaan SKNBI di PT. Bank Jatim Cabang Blitar sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa permasalahan yang perlu dibahas karena berbeda dengan ketentuan yang berlaku. Dari permasalahan tersebut, penulis dapat memberikan saran antara lain PT. Bank Jatim Cabang Blitar selalu melakukan pengecekan terhadap kelayakan alat penunjang sistem kliring guna meminimalisir terjadinya kerusakan pada saat kliring berlangsung, mencantumkan biaya kliring baik biaya yang dikenakan oleh Bank Indonesai kepada PT. Bank Jatim Cabang Blitar, maupun biaya yang dikenakan oleh PT. Bank Jatim Cabang Blitar kepada nasabahnya.