SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Fenomenologi Penerapan Corporate Social Responsibility PT PetroseaTbk

Rara Prahastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Prahastuti, Rara. 2018. Fenomenologi Penerapan Corporate Social Responsibility PT Petrosea Tbk. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Univesitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Mandatory, Voluntary

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) menjadi bahasan dalam beberapa tahun terakhir. CSR dapat dipandang sebagai strategi untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian negara sehingga kegiatan CSR dilakukan atas dasar peraturan dan perintah (mandatory). Meskipun begitu, pengungkapan CSR bersifat mandatory di Indonesia berbeda dangan beberapa negara maju dimana penerapan pola CSR mandatory masih mengalami pro dan kontra. Seperti di Amerika Serika, pengungkapan CSR lebih banyak didorong oleh kesadaran secara sukarela (voluntary driven).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan mengambil objek penelitian pada PT Petrosea, Tbk. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi pada subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data meliputi empat tahap, yaitu epoche, reduksi fenomenologi, variasi imajinasi, serta sintesis makna dan esensi.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa hasil penelitian antara lain, (1) Motif pelaksanaan CSR PT Petrosea Tbk adalah sebagai bentuk taat terhadap regulasi dari Pemerintah melalui undang-undang yang berkaitan dengan CSR dan bentuk taat terhadap regulasi Klien melalui kontrak kerjasama, (2) Motif pelaksanaan CSR PT Petrosea Tbk adalah sebagai alat untuk mendapatkan legitimasi dari para stakeholder.