SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh kompetensi profesional tutor terhadap hasil belajar paket C PKBM se-kecamtan Binangun

Laili nur ilma

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilma, Laili Nur. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional Tutor Terhadap Hasil Belajar Paket C PKBM Se-Kecamatan Binangun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing( I ) Drs. Imam Hambali, M.Pd, Pembimbing ( II ) Drs. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Hasil belajar paket C.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional tutor, hasil belajar paket C, mengetahui hubungan kompetesi pofesional tutor dengan hasil belajar paket C, serta pengaruh kompetensi profesional tutor terhadap hasil belajar Paket C.

Populasi pada penelitian ini yaitu warga belajar paket C se-kecamatan Binangun yang berjumlah 140 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proprtionate Stratified Sampling, yaitu Simple random sampling adalah cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi”. Pada penelitian ini menggunakan sampel dengan persentase 20% yaitu berjumlah 28 orang. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kompetensi profesional yang dimiliki tutor tergolong baik, terlihat dari 18% menyatakan sangat setuju, 51% menyatakan setuju, 25% menyatakan kurang setuju, serta sisanya 6% menyatakan tidak setuju; (2) hasil belajar yang diperoleh warga belajar tergolong baik terlihat dari 73.47% memiliki nilai baik, 23.98% memiliki nilai cukup, serta 2.55% memiliki nilai sangat baik; (3) terdapat hubungan antara kompetensi profesional tutor dengan hasil belajar paket C dengan R tabel= 0.901 dengan signifikan 0.020; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi tutor terhadap hasil belajar Paket C dengan nilai F sebesar 112.114 dan signifikan sebesar  0.020. Sedangkan besarnya nilai determinasi yang menunjukkan pengaruh kompetensi profesional tutor terhadap hasil belajar menunjukkan sebesar 0.812. Sehingga memiliki arti bahwa terdapat pengaruh sebesar 81.2%.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disarankan (1) Bagi tutor, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi tutor untuk selalu meningkatkan kompetensi profesional yang dimiliki karena dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh oleh warga belajar, (2) Bagi penelitian selanjutnya, untuk mengkaji faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh oleh warga belajar, karena hasil belajar yang diperoleh oleh warga belajar tidak hanya dipengaruhi faktor kompetensi profesional yang dimiliki tutor saja.