SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMK CENDIKA BANGSA KEPANJEN

Ambar Purwanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwanti, Ambar . 2018. Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Berbasis Pendekatan Saintifik di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo. S.E, M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: pengembangan, modul praktikum akuntansi perusahaan jasa, berbasis pendekatan saintifik.

 

   Bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Namun, masih banyak sekolah yang belum menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan kurikulum terbaru. Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Berdasarkan wawancara terbatas dengan guru Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen, disekolah tersebut belum terdapat bahan ajar untuk mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa di sekolah dikarenakan mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran baru yang semula disisipkan di Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 adalah bahan ajar yang memuat pendekatan saintifik di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti membuat penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa modul praktikum akuntansi perusahaan jasa berbasis pendekatan saintifik dan memuat pendidikan karakter didalamnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul praktikum perusahaan jasa yang dapat mempermudah siswa untuk mempelajari materi sesuai dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, produk akhir, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli yaitu ahli pengembangan bahan ajar dan ahli materi. Modul diujicobakan kepada pengguna terbatas yang melibatkan 12 orang siswa kelas X Akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Modul yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan antara lain (1) materi pada modul disesuaikan dengan KD pada Kurikulum 2013 Edisi 2017, (2) modul memuat langkah-langkah pendekatan saintifik (3) modul memuat pendidikan karakter, dan (4) modul menggunakan bukti transaksi yang sesuai dengan kehidupan nyata, sehingga siswa mampu mengidentifikasi bukti transaksi pada kehidupan nyata secara benar.