SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASISMOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SMK/MAK

Dahniar Adhe Sukono Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Dahniar Adhe Sukono. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar SMK/MAK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: Mobile Learning, Mata Pelajaran Akuntansi Dasar

Perubahan kurikulum 2013 berakibat pada kebutuhan bahan ajar khususnya untuk Akuntansi karena di sebagian besar SMK belum tersedia bahan ajar yang sesuai sehinggaguru mencari sumber belajar lain.Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Dengan berdasar hal tersebut, maka disusunlah modul elektronik yang berbasis mobile learning pada mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMA/MAK.Tahapan penelitian dan pengembangan modul ini meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi 1, uji coba lapangan terbatas, revisi 2, produk akhir, dan diseminasi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji coba lapangan terbatas dilakukan oleh 18 siswa.Hasil validasi dan uji coba lapangan terbatas menunjukan bahwa modul elektronik berbasis mobile learning dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dalam modul elektronik terdapat keterbatasan yaitu, modul elektronik ini hanya dapat dioperasikan di ponsel, video terpisah dari topik pembelajaran, membutuhkan akses internet saat pertama kali membuka, latihan soal tidak ada batas waktu pengerjaan. Saran lebih lanjut untuk penelitian dan pengembangan ini adalah modul elektronik ini tidak hanya dapat dioperasikan dengan ponsel tetapi juga komputer/laptop, video digabung dengan topik pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami, pengerjaan latihan soal diberikan batasan waktu.