SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Zeni Irawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini didasari oleh kecenderungan siswa untuk bergantung pada guru dalam belajar, terbukti dengan kurang adanya inisiatif siswa untuk belajar mandiri serta kurangnya kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran akuntansi menggunakan media pembelajaran berbasis edmodo tehadap kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Penelitian ini termasuk kedalam eksperimen semu (quasy eksperiment researce). Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket. Jenis penelitain ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kelompok kontrol tak setara (nonequivalent control group design) yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa media pembelajaran berbasis edmodo, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu simulasi oleh guru, tanya jawab, dan penugasan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar (gain score) siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis edmodo lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional berupa simulasi, tanya jawab, dan penugasan. Berdasarkan hasil demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis edmodo secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka/ spreadsheet.

Saran untuk upaya lebih lanjut adalah sebagai berikut: (1) Guru dituntut mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia di edmodo dengan maksimal guna meningkatkan kemandirian belajar; (2) pihak sekolah harus selalu meningkatkan sarana dan prasarana khususnya untuk laboratorium komputer, untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan sebagai upaya meningkatkan kompetensi terkait pelajaran yang dipelajari; (3) untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan penggunaan fitur yang lebih banyak seperti akun untuk orang tua, serta fitur lainnya.