SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sosialisasi dan Penerapan e-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Sidoarjo Utara)

Faric Rubianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Rubianti, Faric. 2018. Pengaruh Sosialisasi dan Penerapan e-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Sidoarjo Utara). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, AK.

 

Kata Kunci: Sosialisasi, Penerapan e-Billing, Kepatuhan Wajib Pajak

Berbagai upaya telah dilakukan oleh DJP agar penerimaan pajak dapat dilakukan dengan maksimal salah satunya adalah dengan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak DJP melakukan upaya dengan melakukan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat pada umumnya dan kepada wajib pajak pada khususnya. Sosialisasi adalah strategi terpenting dalam memasyarakatkan peprajakan.

DJP juga menerapkan e-Billing dengan tujuan untuk memudahkan Wajib Pajak dalam membayar kewajiban perpajakannya secara cepat, mudah, transparan dan akuntabilitas. E-Billing adalah metode pembayaran elektronik dengan menggunakan kode billing, transaksi pembayaran pajak secara elektronik, dilakukan melalui bank atau pos persepsi dengan menggunakan kode billing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan penerapan e-billing terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini lebih menekankan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi dalam membayar pajak.

Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Berganda. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 responden yang dipilih secara acak atau random sampling di KPP Pratama Sidoarjo Utara.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan 2) Penerapan e-Billing berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Sidoarjo Utara. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu responden rata-rata berusia muda sehingga dapat dengan mudah mengoperasikan sistem pembayaran elektronik (e-billing) dan tempat penelitian berada di pusat kota sehingga responden mampu menangkap perubahan-perubahan mengenai peraturan perpajakan. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk memperluas cakupan responden dan memperluas lokasi penelitian di daerah pedesaan.