SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perbedaan Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan Akibat Kebijakan Sunset Policy Tahap I dan Sunset Policy Tahap II (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Rizki Pangestu

Abstrak


ABSTRAK

 

Pangestu, Rizki. 2018. Analisis Perbedaan Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan Akibat Kebijakan Sunset Policy Tahap I dan Sunset Policy Tahap II (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sunset Policy

Kebijakan Sunset Policy diterbitkan berdasarkan Peraturan Walikota Malang Nomor 7 Tahun 2016 tentang penghapusan administrasi atas keterlambatan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) Perkotaan untuk masa pajak dalam rentang waktu antara tahun 1994 sampai dengan tahun 2012. Adanya kebijakan Sunset Policy ini dalam rangka mengurai piutang PBB yang merupakan “warisan” dari pemerintah pusat dengan jumlah sekitar Rp 110 Miliar. Kebijakan Sunset Policy Tahap I diterapkan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) pada tahun 2016 dilaksanakan pada 17 Agustus 2016 sampai 31 Oktober 2016 dan kebijakan Sunset Policy Tahap II dilaksanakan bulan Januari sampai dengan April 2017. Adanya kebijakan Sunset Policy ini kita dapat melihat apakah masyarakat tertarik dan terdorong untuk menggunakan fasilitas perpajakan tersebut agar keefektifitisan penerimaan PBB dapat dirasakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak dilaksanakannya kebijakan Sunset Policy Tahap I dan Sunset Policy Tahap II dalam rangka meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah data runtut (time series) dan sumber data menggunakan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif menggunakan teknik analisis efektivitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan antara Sunset Policy Tahap I dengan Sunset Policy Tahap II di Kota Malang. Sehingga dapat diartikan bahwa adanya kebijakan Sunset Policy Tahap I dan Sunset Policy Tahap II tidak berdampak signifikan meningkatkan penerimaan PBB Kota Malang.