SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS X DI SMK PGRI TUREN

Mochamad Yuridjar

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuridjar,  Mochamad. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru terhadap Hasil Belajar dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Moderasi Pada Siswa Kelas X Di Smk Pgri Turen. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar; Minat Belajar; Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa variabel pemoderasi atau minat belajar memperkuat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif.

Penelitian kuantitatif ini melibatkan total 102 siswa sebagai sampel yang meliputi siswa kelas x program keahlian akuntansi, administrasi perkantoran, tata niaga, teknik sepeda motor, serta teknik komputer dan jaringan. Dengan menerapkan proporsional sampling acak sebagai teknik pengambilan sampel data, data kemudian dikumpulkan melalui kuisioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 16 untuk dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji MRA.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA), ditemukan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, dengan R square=0,679 dan t-sig=0,000; (2) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif dengan R square=0,302 dan t-sig=0,000; (3) Minat belajar memperkuat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif dengan adanya peningatan R square=13,4% dan nilai t-sig=0,000; (4) Minat belajar memperkuat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif dengan adanya peningkatan R square=29,7% dan nilai t-sig=0,000.

Yuridjar, Mochamad. 2018. The Influence of Student Perceptions on Pedagogical Competencies and Teachers' Professionals on Learning Outcomes with Learning Interests as Moderate Variables in X Class Students At Smk Pgri Turen.Advisor: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Keywords: Interest in Learning; Learning Outcome;Student's Perception on Pedagogical and Professional Competency Teachers

This study aims to explain the significant influence between students' perceptions about pedagogic competence and professional teachers on the learning of productive subjects. In addition, this study also explains that the variables of pemoderasi or interest in learning to strengthen the influence of students' perceptions about pedagogic competence and professional teachers to the results of learning productive subjects.

This quantitative research employed a total of 102 students as sample consists of the students of class x major of accounting, office administration, commerce system, motorcycle engineering, and also computer and network engineering. By applying proportional random sampling as data sampling technique, the data then obtained from questionnaire and documentation. The data collected then processed by using SPSS 16 application to conduct the validity test, reliability test, classical assumption test, and MRA test.

Based on the result of data analysis using Moderated Regression Analysis (MRA) test, it is found that: (1) Students’ perception about pedagogy competence of the teacher significantly influence the learning result in productive subjects, with R square=0,679 and t-sig=0,000; (2) Students' perception towards teachers’ professional competence has a significant effect on the learning result in productive subjects, with R square=0,302 dan t-sig=0,000; (3) Interest in learning strengthen the influence of students' perceptions towards teachers’ pedagogic competence regarding the learning result in productive subjects which is marked by an increase R square = 13.4% and the value of t-sig = 0,000; (4) Interest in learning strengthen the influence of students’ perception towards teachers’ professional pedagogic competence regarding the learning result in productive subjects which is marked by an increase of R square=29.7% and the value of t-sig = 0,0009