SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MEDIA MIND MAPPING DAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

LUTFI FAJRIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajriyah, Lutfiana. 2018. Penerapan Media Mind Mapping dan Power Point Sebagai Media dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. CiptoWardoyo, M.Pd.,M.Si., Ak, CA.

 

Kata Kunci : Media Mind Mapping, Media Power Point, Motivasi Belajar

Keberhasilan siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor eksternal yaitu media pembelajaran yang digunakan guru danfaktor internal yaitu motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang lebih meningkatkan motivasi belajar siswa diantara penerapan mind mapping danpower point.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X AK SMKS Kepanjen tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling, sebanyak 32 siswa pada kelas X AK 4 yang diberikan treatment mind mapping dan 32 siswa pada kelas X AK 1 diberikan treatment power point. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial bentuk uji beda independent sample t test dengan menggunakan software SPSS versi 24.0 For Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media mind mapping lebih meningkatkan motivasi belajar siswa dari pada media power point dengan tingkat sig sebesar 0,003 < 0,05.

Saran untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa, agar menambah variabel penelitian lain karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Fajriyah, Lutfiana. 2018. Implementation Mind Mapping and Power Point as Media in Improving Students Learning Motivation. Undergraduated Thesis, Faculty of Economics, UniversitasNegeri Malang. Advisor : Dr. H. CiptoWardoyo, M.Pd., M.Si., Ak, CA.

 

keywords :Mind Mapping, Power Point, learning motivation

The success of students learning is influence kind of factors. One of them external factor is media learning uses the teacher and the second, internal factors is that learning motivation. This study aims to determine the media that further improve the student learning motivation between application of mind mapping and power point.

This study is a quantitative research using quasy experiment method. The population used in this study is all students in SMKS Kepanjen 2017/2018. simple random sampling is used to obtain 32 students of class X AK 4 to apply mind mapping and 32 students of class X AK 1 to apply power point. Methods of data collection using a closed questionnaire using a Likert scale of 1 to 5. Descriptive statistics, independent sample t-test are employed to analyze the data.

The results of this study show that (1) application of mind mapping further increase students motivation from the media power point with sig level of 0,003