SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK KEPANJEN MALANG

MOCHAMAD SANTOSO

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil belajar yang baik seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah model pembelajaran yang diterapkan pengajar juga motivasi yang ada pada siswa. Model pembelajaran yang cocok untuk ini yaitu dengan model pembelajaran berbasis masalah atau sering disebut dengan Problem-Based Learning. Tingginya hasil belajar siswa juga akan semakin dipengaruhi oleh seberapa tinggi motivasi belajar yang ada dalam diri siswa tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL yang dimoderasi oleh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh kelas X Ak 3 dan X Ak 4. Data dikumpulkan dengan menggunakan test berupa pretest dan posttest dan menggunakan angket untuk memperoleh data dari motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Two way ANOVA dengan Interaksi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa, dan motivasi belajar siswa dapat memoderasi pengaruh tersebut. Berkaitan dengan hal itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat ketika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.