SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGANGGARAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) PUSKESMAS

PUTRI SURYANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryaningsih, Putri. 2018. Penganggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Anggaran, Penganggaran, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Anggaran Berbasis Kinerja

Anggaran merupakan pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dalam ukuran financial, sedangkan penganggaran adalah proses atau metode untuk mempersiapkan suatu anggaran. Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) merupakan instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Ketika telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) maka harus menerapkan prinsip anggaran berbasis kinerja berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan para informan mengenai anggaran dan proses penganggaran pada BLUD Puskesmas dan pengayaan teori New Public Management (NPM) di sektor kesehatan, lebih khusus lagi mengenai penganggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pusksesmas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian studi fenomenologi. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci penelitian. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penafsiran, dan penyajian data. Untuk menjaga keabsahan temuan, peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, reliabilitas, dan obyektivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan memahami anggaran ialah sebagai kewajiban yang harus dilakukan tiap tahunnya pada UPT Puskesmas Padas yang kemudian dicantumkan dalam Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dan perencanaan difahami sebagai suatu kewajiban yang harus dilakukan dengan menyusun Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) tahunan, pelaksanaan dimaknai sebagai suatu rutinitas yang dilakukan secara berulang-ulang, dan pelaporan pertanggungjawaban difahami sebagai suatu rutinitas dengan menyusun laporan keuangan. UPT Puskesmas Padas sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah pada tahun 2015 dan instansi yang berstatus sebagai BLUD berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2007 wajib untuk menerapkan prinsip anggaran berbasis kinerja. Dengan menerapkan anggaran berbasis kinerja pemerintah dipaksa bertindak berdasarkan cost minded  dan harus efisien. Akan tetapi hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UPT Puskesmas Padas belum menerapkan anggaran berbasis kinerja melainkan masih menggunakan incremental budgeting yang bersifat masih tradisional.