SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri

Lelly Feryani

Abstrak


ABSTRAK

 

Feryani,  Lelly. 2018. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Gaya Belajar, Siswa Berprestasi

Prestasi akademik siswa di sekolah setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam siswa itu sendiri dan faktor dari lingkungannya. Adapun yang termasuk faktor siswa itu sendiri salah satunya terletak pada gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki strategi yang berbeda-beda dalam menampung pelajaran yang disampaikan oleh guru. Diduga, perilaku-perilaku tersebut merupakan cara peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang membuat senang dan nyaman sesuai dengan gaya belajarnya.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dan kecenderungannya pada siswa berprestasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik kelas X dan XI SMK Negeri 2 Kediri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terkait terdiri dari siswa berprestasi kelas X dan XI sebagai informan utama, guru mata pelajaran akuntansi dan spreadheet sebagai informan pendukung. Tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan temuan digunakan dua teknik yaitu, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Peserta didik berprestasi akademik kelas X dan XI menunjukkan adanya kombinasi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. (2) Kecenderungan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik antar siswa berprestasi akademik berbeda. Enam siswa berprestasi akademik cenderung menggunakan gaya belajar auditori dan dua siswa berprestasi akademik cenderung menggunakan gaya belajar visual. Dalam setiap kecenderungan gaya belajar yang sama, siswa juga memiliki aktivitas atau perilaku yang belum tentu sama (3) Kecenderungan karakteristik gaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada kedelapan peserta didik berprestasi akademik menggambarkan beberapa karakteristik setiap gaya belajar. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan guru dapat menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik, misalnya dengan menerapkan kolaborasi membaca, menulis, menyimak dan mempraktikkan. Bagi penelitian selanjutnya guna mengembangkan hasil penelitian ini perlu dilakukan suatu usaha penelitian yang sejenis dengan subjek yang berbeda dengan lingkup yang lebih luas sehingga memperjelas faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi.