SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kurikulum K-13 Siswa Kelas X Ak1 di SMKN 2 Kediri

PIYAN TOKO

Abstrak


ABSTRAK

 

Toko, Piyan. 2018. Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kurikulum K-13 Siswa Kelas X Ak 1 Di SMKN 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis Efektivitas Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Dalam pembelajaran di kurikulum 2013 siswa dituntut untuk menjadi lebih aktif. Salah satu upaya guru yang dapat dilakukan yaitu  dengan menerapkan model pembelajaran. Penggunaan model problem based learning menuntut siswa untuk berperan aktif melalui aktivitas memikirkan masalah, menemukan informasi yang dibutuhkan, mempertimbangkan situasi dalam memecahkan masalah dan menyajikan solusi atas permasalahan tersebut, sehingga siswa akan terbiasa untuk berpikir kritis dalam proses belajar. Dari pengamatan awal yang dilakukan, guru pada mata pelajaran spreadsheet telah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X Ak 1 di SMKN 2 Kediri.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran spreadsheet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 dan guru mata pelajaran spreadsheet SMKN 2 Kediri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terkait terdiri dari siswa kelas X Ak 1 dan guru mata pelajaran spreadsheet. Tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data  dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan temuan digunakan dua teknik yaitu meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning  di kelas X Ak 1 SMKN 2 Kediri pada mata pelajaran spreadsheet sesuai dengan kriteria model pembelajaran yang ada di kurikulum 2013. (2) Penggunaan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran spreadsheet di kelas X Ak 1 SMKN 2 Kediri bisa dikatakan cukup efektif. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu hendaknya meneliti semua KD yang menerapkan model problem based learning dan menambah subjek penelitian, sehingga hasil penelitian yang diperoleh lebih lengkap dan mendalam.