SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Laba, Risiko Litigasi terhadap Keputusan Investasi (Pada Perusahaan yang Terdaftar LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015)

SITI AVIVA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertumbuhan perusahaan sangat tergantung pada keputusan-keputusan yang diambil oleh perusahaan. Salah satu keputusan tersebut adalah keputusan investasi. Keputusan investasi yang dilakukan perusahaan haruslah berdasarkan informasi yang ada pada laporan keuangan perusahaan agar menguntungkan perusahaan. Informasi tersebut meliputi informasi mengenai kualitas laba perusahaan yang mengidikasikan kinerja perusahaan saat ini. Kualitas laba yang tinggi dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga keputusan investasi yang diambil tidak merugikan perusahaan.

Dalam pengambilan keputusan investasi, manajer juga harus mempertimbangkan tingkat pengembalian investasi dan risiko yang dihadapi perusahaan akibat dari pengambilan keputusan investasi tersebut. Salah satu risiko yang harus dihadapi perusahaan adalah risiko litigasi. Risiko litigasi menyebabkan perusahaan harus mengeluarkan sejumlah dan untuk menyelesaikan masalah litigasi yang jumlahnya tidak sedikit. Hal tersebut menyebabkan kegiatan investasi menjadi terhambat karena terjadi pengalihan penggunaan dana sehingga dana yang digunakan untuk investasi berkurang.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas laba dan risiko litigasi terhadap keputusan investasi yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan indeks LQ45 periode 2014 – 2015 dengan menggunakan metode pemilihan purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi (Regression analysis).

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menemukan hasil bahwa (1) kualitas laba tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi dan (2) risiko litigasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Saran untuk peneliti selanjutnya memasukkan variabel-variabel lain yang relevan yang mampu mempengaruhi keputusan investasi yang dilakukan perusahaan sehingga dapat meningkatkan nilai  dan juga memperpanjang periode penelitian serta menambah sampel yang mencakup semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia agar hasilnya dapat mencerminkan kondisi perusahaan secara umum.