SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Electronic Publication untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Tri Aprilyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan pendidikan di Indonesia sudah mengharuskan bahwa peserta didik belajar secara mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator bagi peserta didik dalam pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, bahan ajar yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut yaitu bahan ajar berbasis elektronik. E-modul merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang juga mendukung perkembangan pendidikan. E-modul akuntansi perusahaan dagang berbasis electronic publication didukung oleh perangkat elektronik yang dapat digunakan tanpa terhubung dengan koneksi internet, sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan saja untuk memperoleh pengetahuan dan membangun pengetahuan mereka sendiri dalam meningkatkan pemahaman dari siswa serta meningkatkan hasil belajarnya.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan e-modul akuntansi perusahaan dagang berbasis electronic publication kelas XI SMK. Setelah melalui tahap-tahap validasi, produk tersebut diujicobakan pada siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari untuk meningkatkan hasil belajarnya. Sehingga e-modul tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Model penelitian dan pengembangan produk e-modul ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan penelitian, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk hasil validasi, uji coba lapangan, revisi produk akhir, produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh beberapa subjek yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan pengguna.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, diperoleh hasil dari ahli materi sebesar 92,43%, sedangkan hasil dari ahli media 94,4%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan nilai sebesar 84,95% dari pengguna siswa dan 94,4% dari pengguna guru. Dari hasil rata-rata keseluruhan validasi menunjukkan rata-rata sebesar 91,54% yang dapat diartikan bahwa e-modul tersebut layak dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa SMK. Selain itu, e-modul berbasis electronic publication memperoleh nilai tingkat signifikansi sebesar 0,000 pada taraf 5% yang menunjukkan bahwa e-modul akuntansi perusahaan dagang berbasis electronic publication terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah meningkatkan variasi evaluasi dari gabungan aplikasi lain dan mencari software pembaca yang lebih ringan pada personal computer (PC) atau laptop.