SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX PADA BANK SYARIAH DI KOTA MALANG

MOCHAMMAD ARIFIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja sosial suatu perusahaan sudah menjadi perhatian mulai dari kalangan pemerintah, aktivis, masyarakat, karyawan perusahaan hingga para akademisi. Fenomena ini menandakan bahwa kinerja sosial memiliki peran yang strategis dan penting dalam aktivitas bisnis perusahaan. Corporate Social Responsibility merupakan kontribusi menyeluruh dari dunia usaha terhadap pembangunan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dari kegiatannya. Sebagai salah satu pendekatan sukarela yang berada pada tingkat kepatuhan, penerapan CSR saat ini berkembang pesat termasuk di Indonesia.

Pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan keuangan perbankan syariah masih bersifat sukalera. Secara umum, pelaporan sosial perbankan syariah dapat mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 tentang penyajian dan pengungkapan laporan keuangan, khususnya paragraf ke sembilan. Akan tetapi, PSAK tersebut tidak secara tegas mengharuskan perusahaan maupun perbankan untuk melaporkan tanggung jawab sosialnya, sehingga untuk pelaporan tanggung jawab sosial diserahkan pada masing-masing perusahaan termasuk perbankan syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengungkapan kinerja sosial yang dilaksanakan bank syariah berdasarkan item-item pada islamic social reporting index yang telah dilaporkan. Penelitian akan dilakukan pada bank syariah di Kota Malang, antara lain Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara serta dengan didukung dokumen-dokumen terkait.

Hasil temuan menunjukkan bahwa secara kumulatif tingkat pengungkapan kinerja sosial pada bank syariah masih kurang. Pada setiap tema islamic social reporting index menunjukan hasil yang berbeda-beda. Rata-rata, pada setiap tema masih terdapat item-item yang belum diungkapkan oleh ketiga bank syariah. BNI Syariah memiliki tingkat pengungkapan kinerja sosial tertinggi berdasarkan islamic social reporting index. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan corporate social responsibility pada bank syariah masih bersifat voluntary atau sukarela meskipun standar pengungkapan telah diatur. Sementara itu, standar pengungkapan berdasarkan ajaran agama islam juga sudah mulai dikembangkan oleh para peneliti.