SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SIFAT MACHIAVELLIAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA MALANG)

Rinda Trisdaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Trisdaningrum, Rinda. 2018. Pengaruh Persepsi Sifat Machiavellian dan Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak

 

Kata Kunci: Sifat Machiavellian, Komitmen Organisasi, Perilaku Disfungsional

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi sifat machiavellian dan komitmen organisasi terhadap perilaku disfungsional auditor pada kantor akuntan publik di Kota Malang. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan menggunakan kuesioner serta melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian adalah auditor yang bekerja di tujuh kantor akuntan publik di Kota Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian yaitu menggunakan metode simple random sampling dengan sampel sebanyak 44 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80% auditor di KAP Kota Malang memiliki sifat machiavellian rendah dan memiliki komitmen organisasi yang tinggi. Sifat machiavellian yang rendah dan komitmen organisasi yang tinggi berpengaruh negatif terhadap perilaku disfungsional. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan data yang telah diolah menujukkan bahwa 66% auditor di Kota Malang tidak setuju terhadap perilaku disfungsional. Selain itu, karakteristik profil responden seperti: jenis kelamin, usia, pendidikan, jabatan dan pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya skor pada sifat machiavellian dan komitmen organisasi.

Saran bagi kantor akuntan publik di Kota Malang agar memperhatikan setiap karakteristik personal (dari sisi sifat machiavellian dan komitmen organisasi) ketika merekrut auditor baru. Karena karakteristik ini dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerimaan auditor terhadap perilaku disfungsional. Auditor yang memiliki sifat machiavellian tinggi dan komitmen organisasi yang rendah cenderung mudah menerima perilaku disfungsional. Sebaliknya auditor yang memiliki sifat machiavellian rendah dan komitmen organisasi yang tinggi cenderung menolak untuk melakukan perilaku disfungsional.