SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media pembelajaran AKuntansi dasar Berbasis Mobile Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

ANI MASRUROH

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruroh, Ani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Dasar Berbasis Mobile Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Akuntansi Dasar dan Mobile Learning

Media pembelajaran merupakan suatu komponen yang memiliki peran dan fungsi penting dalam sistem pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Turen masih menggunakan media pembelajaran konvensional berupa Powerpoint berisi teks panjang dengan tampilan yang masih sangat sederhana disertai beberapa gambar saja. Aktivitas siswa selama pembelajaran kurang optimal. Siswa merasa bosan, minat belajar siswa turun, dan kurang antusias mengikuti pembelajaran oleh karena pembelajaran monoton dan melelahkan. Kondisi tersebut mengakibatkan jumlah 152 siswa, 40% diantaranya memperoleh nilai di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Guru seharusnya dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran. Pemanfaatan android sebagai sarana media pembelajaran dirasa tepat guna mengatasi permasalahan terkait pembelajaran akuntansi dasar. Media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning merupakan aplikasi media pembelajaran menggunakan software Appypie yang didalamnya memuat materi pembelajaran, video pembelajaran, soal diskusi, studi kasus, dan kuis pembelajaran yang dapat diakses siswa kapan saja dan dimana saja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan untuk menguji kelayakan media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian uji coba lapangan dilakukan di SMK Negeri 1 Turen pada 25 siswa kelas X Akuntansi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning berdasarkan: (1) Dari hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 97.5% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”, (2) Dari hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 87% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Dan dari uji coba pengguna (siswa) mendapatkan total skor 2916 dari total skor 3100 dengan persentase 94% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”.

Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan pengguna (siswa) dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi dasar berbasis Mobile Learning ini layak dan siap untuk diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran.