SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah untuk Kelas XI Semester 1 SMK/MAK

DIEN ANGGARAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggarawati, Dien. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Keuangan Lembaga/Instansi Pemerintah untuk Kelas XI Semester I SMK/MAK. Skripsi, Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si. Ak.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah,

Perubahan terhadap kurikulum lama menjadi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 menambahkan mata pelajaran baru, yaitu Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah. Setelah dilakukan wawancara serta observasi kebeberapa sekolah serta toko buku, diketahui bahwa keberadaan bahan ajar untuk mata pelajaran ini masih belum ada yang sesuai dengan KI dan KD yang ada. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan KI dan KD agar tercapai hasil pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut melatarbelakangi pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah untuk Kelas XI Semester I SMK/MAK. Modul dikembangkan dalam bentuk cetak.

Pada penelitian dan pengembangan ini model pengembangan yang digunakan menurut Borg dan Gall (1983) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) revisi produk, dan (6) produk akhir. Validasi produk melibatkan Guru Akuntansi dan Dosen TEP UM. Penilaian produk dilakukan dengan cara penilaian menggunakan angket dan wawancara dengan para ahli.

Menurut ahli bahan ajar, warna cover modul guru dan siswa harus dibedakan, serta perlu ditambah inner cover, tapi secara umum modul sudah bagus. Menurut ahli materi, perlu ditambahkan soal Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester. Dari hasil validasi, dilakukan revisi terhadap modul agar modul sesuai.

Modul menyajikan materi akuntansi pemerintahan yang disesuaikan denga Kompetensi Dasar pada kurikulum. Modul berisikan langkah-langkah antara lain: (1) mari mengamati (2) mari menanya (3) mari menemukan informasi (4) mari mencoba dan mari berlatih (5) mari mengkomunikasikan, dan (5) mari membuat kesimpulan. Langkah pembelajaran akan mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran.