SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SELF EFFICACY DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK KEPANJEN MALANG

OCTAVIANA SAPUTRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputri, Octaviana. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Self Efficacy, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar Siswa

Pendidikan merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap manusia, karena dengan adanya pendidikan dapat membantu manusia menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana agar peserta didik dapat berperan aktif dalam kehidupannya. Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu motivasi belajar, self efficacy, dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar, self efficacy, dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Kepanjen Malang yaitu sebanyak 205 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan propotional random sampling sebanyak 135 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data primer berupa hasil angket untuk variabel motivasi belajar, self efficacy, dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, sedangkan data sekunder berupa nilai ulangan harian siswa.

Teknik analisis adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, self efficacy, dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Guru mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X AK diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan mengikuti seminar atau pelatihan untuk menambah ilmu dan mengembangkan kompetensinya. (2) Guru diharapkan agar memperhatikan psikologi siswa atau kondisi psikis siswa karena kondisi psikologi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. (3) Siswa diharapkan untuk mempertahankan atau meningkatkan faktor motivasi belajar dan self efficacy. (4) Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi penelitian sejenis dan acuan dalam melakukan penelitian lebih lanjut.