SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PRAKTIKUM DI LABORATORIUM IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI LITOSFER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 10 MALANG

Dinmas Sigit Baskara

Abstrak


ABSTRAK

 

Baskara, Dinmas  Sigit. 2018. Penerapan Metode Praktikum Pada Laboratorium IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Litosfer Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa  Kelas X SMAN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si., 2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

 

Kata kunci: Metode Praktikum, Keterampilan Geografi

Keterampilan geografi merupakan aspek penting dalam mempelajari geografi. Namun pada kenyataannya keterampilan geografi yang dimiliki siswa masih rendah.  Permasalahan rendahnya keterampilan geografi juga ditemukan di kelas X IPA 5 SMAN 10 Malang. Hal tersebut diketahui melalui analisis penyebab rendahnya kemampuan memecahkan masalah yang terdiri dari 1) siswa; (2) guru; (3) sarana dan prasarana; (4) penerapan strategi pembelajaran. Berdasarkan analisis penyebab tersebut, diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran merupakan penyebab utama rendahnya keterampilan geografi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan mata pelajaran geografi yang menekankan pada teori dan praktik. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu metode praktikum. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan keterampilan geografi siswa kelas X IPA 5 SMAN 10 Malang menggunakan metode praktikum.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA 5 SMAN 10 Malang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari lima langkah pembelajaran yang meliputi penyampaian tujuan dan persiapan praktikum, penjelasan materi praktikum, pendemonstrasian cara kerja, pelaksanaan praktikum, dan presentasi hasil praktikum. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu nilai hasil tes keterampilan geografi. Tes keterampilan geografi dilaksanakan setelah tindakan siklus I dan setelah dilaksanakan tindakan siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal esai keterampilan geografi yang berjumlah 5 soal dengan 14 butir pertanyaan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tahap siklus I hingga siklus II. Rata-rata nilai keterampilan geografi pada siklus I sebesar 81,7 dan pada siklus II sebesar 88,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,5 (8,7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan geografi siswa kelas X IPA 5 SMAN 10 Malang