SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi atas Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, dan Sistem SAMSAT Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua di SAMSAT Kota Malang)

Fitri Maria

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor di Kota Malang yang diakibatkan karena tingkat kepatuhan dalam membayar kewajiban pajak yang cenderung menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak, dan sistem SAMSAT drive thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Malang.

Penelitian ini mengambil sebanyak 113sampel wajib pajak kendaraan bermotor roda dua yang terdaftar di SAMSAT Kota Malang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode convenience sampling. Analisis data yang  dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), Uji F, dan Uji t.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, dan sistem SAMSAT drive thru berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, sedangkan sanksi pajak terbukti tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Malang.

Penelitian selanjutnya disarankan untukmelakukan pengawasan langsung saat pengisisan kuesioner, menambahkan metode wawancara, dan melakukan pembuktian langsung dengan melihat SPT-PD masing-masing wajib pajak. Selain itu, disarankan juga bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel independen lain yang diperkirakan bisa mempengaruhi kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.