SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perlakuan Akuntansi Pendapatan dan Beban Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (studi kasus pada UMKM Produksi Onde-onde “ARASA” di Kota Mojokerto)

MARTHA PERMATADEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji pengukuran, pengakuan, pelaporan pendapatan dan beban pada UMKM produksi onde-onde “ARASA” berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari proses wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan temuan dilakukan triagulasi sumber terhadap data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut, pertama pengukuran pendapatan pada usaha ini sudah sesuai dengan nilai wajar pendapatan, tidak termasuk jumlah diskon penjualan dan potongan volume. Pengakuan pendapatan pada usaha ini menggunakan dasar kas, dan dalam pelaporannya pendapatan dilaporakan dalam laporan laba rugi pada periode dimana kas diterima.

Kedua, Pengukuran beban didalam usaha ini, belum sesuai dengan SAK ETAP karena didalam usaha ini tidak memeperhitungkan beban penyusutan untuk gedung. Untuk pengakuannya menggunakan dasar kas, sejalan dengan pengakuan pendapatan. Apabila pengakuan pendapatan ditunda, makan pembebanan biaya juga ditunda.

Pelaporan keuangan didalam suatu usaha itu sangat penting, maka dibutuhkan kerjasama antara Dinas terkait, pemilik, dan juga karyawan didalam usaha tersebut untuk merealisasikannya. Sumber daya manusia memang yang menjadi kendala dalam permasalahan ini dan motivasi adalah kuncinya. Dalam pelaporan keuangan UMKM Pemilik usaha harus bisa memotivasi karyawannya untuk melakukan sesuai dengan yang diinginkan pemilik, untuk mencapai tujuan dari usaha tersebut dan dinas pemerintah sebagai media untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya pelaporan keuangan bagi UMKM.