SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengungkapan Corporate Social Responsibility menggunakanIslamic Social Reporting Index di Indonesia dan Malaysia(Study ComparasipadaPerbankanSyariahtahun 2012-2015)

Bagus Yuananto

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan perusahaan untuk menjalankan usahanya hingga waktu yang tak terbatas (going concern), yang menyebabkan semakin banyak tuntutan yang didapat.

Dengan CSR sebagai  kerangka strategis dalam meningkatkan daya saing dalam mencapai bisnis berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihatperbandingan pengungkapan Corporate Social Responsibility menggunakan Islamic Social Reporting Index di Bank Syariah Indonesia dan Malaysia.

Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif (comparative research) dengan populasi bank syariah di Indonesia dan Malaysia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji normalitas danUji Banding Independent Samples T Test. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility menggunakan Islamic Social Reporting Index di Bank Syariah Indonesia dan Malaysia tidak memiliki perbedaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan dari keenam tema pengungkapan, dapat diketahui bahwa pengungkapan pada tema keuangan dan investasi, produk dan jasa, dan tata kelola perusahaan umumnya mendapat hasil yang tidak jauh berbeda baik di Indonesia atau Malaysia.

Terdapat Sub tema yang tidak mempengaruhi pengukuran CSR dengan model ISR dikarenakan bank tidak melaksanakan aktivitas itu, seperti audit lingkungan terkait limbah, dan memproduksi komoditas alami (Green Product). Bagi Bank Syariah diharapkan CSR harus diakui dan diberlakukan sebagai suatu kebutuhan hakiki dan pelaksanaan CSR yang lebih bervariasi dan lebih maksimal mengungkapkannya dalam laporan perusahaan.

Selain itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan analisa lebih lanjut melalui observasi atau mengkaji secara kualitatif dan dapat memperluas rentang waktu penelitian dan jumlah sampel yang lebih bervariatif. Dan juga peneliti selanjutnya dapat menghilangkan Sub tema yang tidak mempengaruhi pengukuran CSR dengan model ISR untuk sampel bank umum syariah, karenabank umum syariah tidak melaksanakan aktivitas itu, seperti audit lingkungan terkait limbah, dan memproduksi komoditas alami (Green Product).