SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Efisiensi Teknis Pertanian Pisang Kirana Di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Dengan Metode Pendekatan Stochastic Frontier Analysis (SFA)

Vella Virgolia

Abstrak


ABSTRAK

 

Jawa Timur(Jatim) merupakan provinsi denganproduksipisang terbesar diIndonesiaselamakurunwaktutahun2011-2015. Kabupaten Malang menjadi daerah produksi tertinggi di Jawa Timur, bahkan jauh lebih tinggi dibanding daerah Lumajang yang merupakan kabupaten yang terkenal akan produksi pisang. Namun  produksi pisang di Jawa cenderung menurun dibandingkan produksi pisang di luar Jawa. Menurunnya produksi pisang di Jawa ini disebabkan karena luas panen di Jawa yang juga ikut menurun. Penurunan yang terjadi merupakan akibat dari kurang efisiennya penggunaan faktor-faktor produksi pada pengelolaan pertanian.

Efisiensi teknik dalam penggunaan faktor input menjadi salah satu tolak ukur yang penting dalam menentukan sebarapa besar sumberdaya yang digunakan sehingga mampu memperoleh output produksi yang maksimal. Model pendekatan Stochastic frontiermerupakan pendekatan parametrik untuk menghitung tingkat efisiensi teknis yang ada di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang..

Hasil perhitungan efisiensi teknis dalam pendekatan model SFA tersebut, menunjukan bahwa (1)  faktor – faktor produksi berupa jumlah bibit, tenaga kerja, pupuk kimia dan kandang berpengaruh signifikan terhadap efisiensi teknis. dan  (2) faktor faktor lain seperti umur petani, lama bertani dan pendidikan berpengaruh terhadap tingkat efisiensi teknis yang ada, manfaat penelitian ini  untuk para petani pisang kirana yang ada di Kecamatan Dampit tentang bagaiman pemanfaatan secara optimal usaha tani pisang kirana.